------- BLOG-nya Anak-Anak Jurnalistik -------

"Mencoba Menyuguhkan yang Terbaik untuk DUNIA...."



Selasa, 02 Oktober 2012

Komputer dan Sejarahnya


Istilah komputer pasti sudah tidak asing dalam pendengaran kita. Komputer sudah bukan alat mewah lagi karena hampir semua manusia pernah memegang alat hasil dari teknologi yang bernama komputer ini. Tetapi apakah dari kalian telah mengetahui makna dan awal sejarah adanya komputer ini?
Ada banyak pakar yang telah mendefinisikan alat canggi satu ini. Dari beberapa makna itu daptlah kita ambil garis besar makna komputer. Computer adalah alat atau seperangkat elektronik hasil cipta manusia dari beberapa komponen dimana komponen tersebut saling berhubungan satu sama lain sehingga menghasilkan informasi sesuai dengan program dan data yang dibuat. Komponen komputer antara lain: layar monitor, CPU, keyboard, dan mouse.
Sejarah  perkembangan
Awal mula kemunculan komputer diciptakan sebagai alat hitung. Seiring dengan perkembangan dan pemikiran manusia yang semakin mendalam, komputer ditingkatkan lagi fungsi dan komponennya sehingga seperti sekarang ini computer bisa digunakan untuk memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan, seperti mengolah data dan membuat program aplikasi. Bahkan pada zaman modern ini komputer bisa digunakan untuk menjelajah dunia dengan bantuan internet. 5 (lima) generasi yang tercatat dalam sejarah komputer, yaitu :
Generasi I (1940-1959),
Pada tahun 1914 komputer diciptakan pada masa Perang Dunia II oleh seorang Insinyur dari Jerman untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. Pada tahun 1943, Di inggris komputer diciptakan untuk memecahkan kode rahasia (Colossus) yang dibuat  Jerman. Pada tahun 1900-1973 kalkulator elektronik dengan sinyal elektromagnetik sebagai penggerak komponennya telah diciptakan oleh insinyur dari Harvard di Amerika. Keunggulan dari Kalkulator ini adalah mampu menghitung artimatik dasar dan persamaan kompleks. Adapun kelemahannya masih sangat lambat dan tidak fleksible. Pertengahan tahun 1940-an John Von Neumann mendesain sebuah komputer yang diharapkan mampu bertahan 40 tahun tetapi pembuatannya sempat terhenti dan dilanjutkan kembali. Kunci utama dalam komputer ini adalah unit pemrosesan central (CPU) seluruh fungsi komputer dapat dikoordinasikan melalui satu program tunggal.
Komputer pada generasi pertama masih sulit untuk diprogram dan sangat terbatas kecepatannya karena menggunakan program kode biner yang berbeda yang biasa di sebut machine language (bahasa mesin), Selain itu model computer ini memiliki ukuran yang sangat besar karena menggunakan Tube Vakum serta adanya Silinder Magnetik untuk penyimpanan data.
Generasi Kedua (1959-1954)
Generasi ini, menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly yaitu bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan sebagai pengganti kode biner. Pada tahun 1948 dihasilkan transistor yang ukurannya lebih kecil. Jika dibandingkan dengan komputer generasi pertama, komputer generasi kedua ini lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan dan lebih hebat energinya.
Generasi Ketiga (1964-1990)
Batu Kuarsa (quartz rock) merupakan temuan seorang insiyur di texas pada generasi ketiga ini. Insinyur tersebut mengembangkan temuannya yang hasilnya komputer menjadi semakin kecil. Temuan itu atas pengembangan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon yang terbuat dari pasir kuarsa. Lalu dimasukannya beberapa komponen lain kedalam sebuah chip. Perkembangan berlanjut dengan dihasilkannya computer yang mampu menjalankan program berbeda secara bersamaan adanya adanya penggunaan sistem operasi (Operating System).
Generasi Keempat (1990-an)
Pada generai ini, dihasilkan sebuah mikroprosesor yang dapat digunakan untuk memproses dan menyimpan memori dengan kecepatan mencapai jutaan bit per detik dan dapat diprogram sesuai keinginan dan kebutuhan. Perangkat demi perangkat semakin berkembang tidak terkecuali perangkat seperti diciptakanya program word processing dan spreadsheet. Ukuran dan model computer ini lebih vareatif tidak monoton komputer duduk tetapi sudah masuk komputer jinjing (laptop).  Jaringan LAN (Local Area Network) juga muncul pada generasi keempat ini yang mana jaringan ini mampu memudahkan berbagi informasi, data, file.
Generasi Kelima
Komputer generasi ini merupakan komputer impian atau masa depan yang diharapkan bisa mengerjakan beberapa tugas dalam satu waktu (multi function and muulti tasking) dan mampu menerima instruksi lisan dari manusia dengan mengikuti nalar yang ada dalam pemikiran manusia.

---------------------
www.wikipedia.org
www.sejarahkomputer.org
www.sejarah-komputer.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review