------- BLOG-nya Anak-Anak Jurnalistik -------

"Mencoba Menyuguhkan yang Terbaik untuk DUNIA...."



Selasa, 02 Oktober 2012

Informasi dan Komunikasi


1.      INFORMATION
Informasi memiliki banyak makna yang beragam tergantung konteks masing-masing. Secara garis besar dapat kita artikan bahwa informasi itu merupakan sebuah pesan baik berupa ucapan, tulisan maupun  sebuah ekspresi yang dapat ditafsirkan maknanya oleh penerima pesan. Informasi itu sendiri diperoleh atau dihasilkan dari adanya pengalaman, proses pembelajaran, dan sebuah instruksi.
Dilain sisi, suatu pengetahuan mengenai peristiwa tertentu atau situasi dari interaksi komunikasi, pengumpulan intelejen, ataupun diperoleh dari berita-berita yang dilihat juga bisa dikatakan sebagai informasi. Ada banyak ragam informasi seperti informasi statistik, informasi computer, dll. Adapun dalam bidang computer, informasi dapat diartikan sebagai data yang dapat disimpan, diproses atau ditransmisikan.

2.      COMMUNICATION
Sama halnya dengan informasi, makna komunikasi sangat banyak dan beragam disesuikan dengan bidang masing-masing para ahli yang mendefinisikan komunikasi. Secara etimologi, komunikasi berasal dari bahasa Latin communis artinya “sama”. Sederhananya komunikasi itu jika antara pesan yang disampaikan dan dan yang diterima sama (nyambung). Akan tetapi secara umum dapat kita artikan bahwa komunikasi adalah suatu proses interaksi manusia yang berupa penyampaian dan penerimaan pesan atau informasi dari komunikator kepada komunikan. Unsur dalam komunikasi meliputi: komunikan, komunikator, pesan dan media.
Sejarah Komunikasi
Pada awalnya, komunikasi sebagai ungkapan kebutuhan organis. Berkembang untuk reproduksi kemudian berevolusi dan terjadi prilaku rumit seperti tarian kawin pada ikan.
Pada manusia, komunikasi sebagai pembagi pengetahuan dan pengalaman. Umumnya komunikasi berbentuk bahasa sinyal, tulisan, ucapan, gerakan, dan penyiaran. Kita dapat memahami perasaan seseorang saat kita melakukan komunikasi dengan orang tersebut.
Perkembangan komunikasi sangat pesat pada abad 20 sehingga pada abad tersebut disebut sebagai  “penemuan yang revolusioner”, hal ini diwujudkan dengan adanya radio. Selanjutnya berkembang dengan diproduksinya televisi, telepon, satelit dan jaringan internet.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review