------- BLOG-nya Anak-Anak Jurnalistik -------

"Mencoba Menyuguhkan yang Terbaik untuk DUNIA...."



Kamis, 19 Januari 2012

Saat Saat Terakhir 2

Saat Saat Terakhir
Sambungan...........

Pasar hari ini rame oleh ibu-ibu yang tengah memilih-milih barang belanjaan. Ada juga kumpulan bapak-bapak yang sibuk dengan dagangannya. Udara pengap serta bau keringat yang tidak bisa dihindari menyesakkan nafas Nek Ida. Kondisi jalanan sempit dan becek, menyulitkan gerakkannya.
Seperti biasa, Fajar selalu membantu Nek Ida di pasar jika sedang libur sekolah dan kebetulan hari ini dia sudah menjadi alumni SMA Negeri 2 Sedayu. Seluruh barang belanjaan diangkut ke atas sepeda reot satu-satunya yang dimiliki keluarga kecil ini. Tak terasa matahari berada pada posisi puncaknya, panas yang begitu menyengat membuat keringat bercucuran.
Diperhatikannya tubuh rentah Nek Ida, masih terdapat sedikit sendi-sendi kekuatan. Dalam hati Fajar hanya bisa memanjatkan doa untuk kesehatannya.
“Cu’ sini, tolong bawa ini ke ronjot!”
Dengan perasaan yang semakin takut kehilangan, dia mengangkat tumpukan sayur bayam ke sepeda butut yang diparkir di ujung pasar. Sesekali dia perhatikan neneknya terbatuk diselah-selah memilih barang. Seakan Nek Ida tidak mau kalah dengan keadaan. Dia tetap terus memilih barang-barang yang dianggapnya terbaik.
“Andai saja nenek mau beristirahat dan tidak lagi berjualan, Aku akan fokus bekerja untuk memenuhi kebutuhannya walaupun harus meninggalkan cita-cita untuk kuliah. Harapannya dalam hati.
Tapi apa yang bisa dia perbuat? Nek Ida orangnya “keras kepala”, dia tetap bersikukuh untuk berjualan dan tidak mau hanya berpangku tangan kepada siapapun termasuk kepada cucu angkatnya sendiri.
Fajar masih ingat betul kata-kata neneknya “Kamu tuh harus terus belajar dan beribadah cu’, Karena hanya itu yang dapat membahagiakan nenek.
Dulu kala Fajar pernah nekat menjadi buruh panggul di pasar, dengan bangga dia membawa beberapa lembar uang ribuan untuk neneknya. Akan tetapi bukan pujian yang didapat melainkan omelan yang membuat dia menangis saat itu. Sejak saat itu dia tidak mau lagi membuat neneknya marah, dia  hanya ingin selalu dapat membahagiakannya.
Sesampainya di rumah, Fajar menata semua barang yang dibeli dari pasar di atas meja. Dengan telaten-nya semua barang ditata dengan rapi, besar harapan agar sang nenek senang. Inilah yang dapat dia berikan sebagai tanda bakti kepada neneknya.
Sedangkan di belakang rumah, sang nenek tengah masak nasi dan ayam yang diam-diam dibeli saat di pasar sebagai hadiah untuk kelulusan sang cucu. Ditengah perasaannya yang akan segera berpisah dengan sang cucu, Nek Ida ingin memberikan hadiah dalam bentuk masakan yang enak. Selama ini dia merasa tidak pernah memberikan makanan yang enak kepada cucu tercintanya. Bagi keluarga seperti mereka, ayam adalah masakan yang special.

vvv

Setelah sholat magrib berjama’ah dan menikmati makanan special, Nek Ida terbatuk-batuk seperti biasanya. Tetapi hari ini Fajar begitu mengkhawatirkannya sehingga dia ingin membawa sang nenk berobat ke puskesmas desa. Dia tak kuasa melihat kondisi sang nenek yang baginya semakin menurun. Dia pun meminta izin sang nenek untuk memanggil dokter puskesmas desa. Tapi lagi-lagi hal itu tidak disetujui sang nenek karena dia merasa kondisinya baik-baik saja.
Entah apa yang difikirkan Fajar, dia tetap bersih keras ingin pergi ke puskesmas walaupun sang nenek melarang..
“Cu’ mau kemana??”
“Ke puskesmas nek, bentar aja!
“Gak usah cu’, nenek gak apa-apa, di sini saja temenin nenek, nenek gak mau kamu tinggal pergi!”
“Cuma bentar nek, nenek tunggu bentar di rumah, Fajar cuma bentar kok.”
Tanpa mendengar jawaban Nek Ida dia langsung pergi. Harapan dia hanya ingin dokter memeriksa nenek di rumah. Dengan mengendarai sepeda reot milik Nek Ida, dia melaju dengan pasti. Berjejer pepohonan yang ada di pinggir jalan seakan lari maraton kearah berlawanan dengan arah sepedanya.
Suasana desa yang sepi, memacunya untuk menambah laju sepeda. Dengan sekuat tenaga dia kayuh sepeda reot itu. Bunyi kriieetttt kriieettt begitu keras terasa. Seakan dia tidak peduli dengan itu semua, dalam benaknya hanya ada bagaimana bisa cepat sampai ke puskesmas. Jarak puskesmas yang sebenarnya tidak jauh dari rumah terasa sangat jauh.
Tiba-tiba suara deru motor terdengar, Fajar panik. Suasana malam yang gelap membuatnya tak dapat melihat dengan sempurna. Dia lupa bahwa sepeda reot ini tidak memiliki rem.
“Brraaaaakkk!”
Fajar pun tersungkur dalam posisi sujud menghadap Sang Pencipta. Saat itu juga dia berpulang ke Rahmatullah. Dengan senyum mengembang dia menutupkan matanya.
Lain dari pada itu, Nek Ida baru saja menyelesaikan bacaan ayat suci Al Qur’an di dalam kamarnya yang bersianarkan lampu minyak tanah. Dan tepat saat itu juga, foto sang cucu yang berada di atas meja jatuh terhembus angin yang tiba-tiba bertiup masuk dari jendela.
“Deg!!” perasaan Nek Ida kaget, dalam fikirannya timbul hal-hal yang tidak-tidak. Dia semakin resah karena ternyata sang cucu belum juga pulang. Dia hanya bisa berharap sang cucu baik-baik saja.
Malam pun semakin larut. Dilihatnya jam yang ada di dinding kamar sudah menunjukkan pukul 10 malam. Dia semakin khawatir. Sudah 3 jam setelah sang cucu keluar rumah tapi tidak juga kunjung pulang. Sekali lagi dia hanya dapat bermunajah untuk keselamatan cucunya. Ia pun mengambil air wudhu dan sholat isya.
Tepat setelah salam terakhir, terdengar suara ribut-ribut di luar rumah. Sepertinya banyak orang berbondong-bondong menuju ke pekarangan rumah. Seketika itu Nek Ida bangkit dari duduk takhiyat akhir, mukena masih melekat di tubuh. Bergegas dia menuju pintu depan, lalu membuka gagang pintu.
“Ya Allah!!”
Didapatinya tubuh kaku Fajar dibopong empat orang pemuda. Nek Ida lemas terduduk di depan pintu. Air mata jatuh berlinang membasahi pipi. Tangisan yang tidak dapat dibendung akhirnya pecah juga. Walaupun semua ini tidak bisa dimengerti, tetapi Nek Ida sadar bahwa firasat yang dia rasakan selama ini adalah benar. Dia akan berpisah dengan cucu kesayangannya.
Dan ternyata benar, hari ini adalah saat-saat terakhirnya bersama sang cucu. Masakan spesial yang disuguhkan sebagai hadiah atas kelulusan ternyata sekaligus sebagai hadiah terakhir untuk cucunya. Semua perhatian yang dicurahkan kepada neneknya adalah perhatian terakhir dari Fajar.
Sesungguhnya setiap sesuatu yang hidup akan mati. Dan kematian adalah kehendak Allah SWT yang tidak ada seseorang pun yang mampu menghalangi atau menunda, kapan dan dimana kematian akan datang.

Karya Penaku,

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review